Penerapan Metode Diskusi-Presentasi Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Wonorejo 02 Lawang Malang

ABSTRAK

Keberhasilan proses pembelajaran sebagian besar bergantung pada guru sebagai tenaga pelaksana. Tingkat keterlibatan siswa dan interaksi yang terjadi akhirnya tergantungpada system pengajaran yag dikembangkan guru tersebut, padahal keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh guru, siswa dan perangkat pembelajaran.

Pelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas siswa, respon siswa, dan ketuntasan belajar siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan metode diskusi-presentasi dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada pokok bahasan pengukuran keliling dan luas persegi panjang dan segitiga.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diambildari penelitian ini hasil observasisiswa, hasil angket responsiswa serta hasil tes akhir siswa. Sedangkan sember data adalah siswa kelas IV SDN WONOREJO 02 Lawang Malang yang berjumlah 43 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 20 Desember sampai 27 Desember 2008.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan penerapan metode diskusi-presentasi dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada pokok bahasan pengukuran keliling dan luas jajargenjang dan segitiga selama pembelajaran pada pertemuan I dan II menunjukkan rata-rata dari skor rata-rata setiap aktifitas siswa sebanyak 78,1 % dengan kategori aktif. Respon siswa yang positif diperoleh sesuai dengan kegiatan belajar mengajar yaitu 94,85 %. Hasil tes menunjukkan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh skor 97, dengan presentase 86 % dari jumlah siswa yang tuntas sebanyak 37 siswa, sedangkan 6 siswa yang tidak tuntas secara individu.

Advertisements

About berbagiskripsi

Bank Skripsi menyediakan referensi jurnal, skripsi, dan tesis indonesia terlengkap yang bisa anda download secara gratis. Jurnal, skripsi, dan tesis yang ada terdiri dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan.
This entry was posted in Pendidikan Matematika. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s