Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Pretes-PB Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN I Wagir Malang.

ABSTRAK

Sebagai langkah awal untuk mengarah pada tujuan yang diharapkan adalah mendorong atau memberi motivasi belajar matematika bagi peserta didik. Keberhasilan proses belajar mengajar matematika tidak terlepas dari persiapan peserta didik dan persiapan oleh para tenaga pendidik dibidangnya dan bagi para peserta didik yang sudah mempunyai minat untuk belajar matematika akan merasa senang dan dengan penuh perhatian mengikuti pelajaran tersebut. Oleh karena itu para pendidik harus berupaya untuk memelihara maupun mengembangkan minat atau kesiapan belajar anak didiknya. Salah satu strategi pembelajaran yang berorientasi pada kesiapan belajar anak didik adalah strategi pretes-PB (pertanyaan bergilir). Landasan pemikiran yang mendasari strategi belajar mengajar pretes-PB (pertanyaan bergilir) ialah bahwa biasanya siswa tidak mengetahui pelajaran yang akan disampaikan pada saat itu dan bahkan siswa tidak mempelajari materi pelajaran yang akan disampaikan. Dengan adanya strategi tersebut siswa akan dituntut untuk mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. Sehingga siswa yang sebelumnya tidak pernah mempelajari materi di rumah terlebih dahulu akan termotivasi mempelajari materi yang akan di hadapi.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang motivasi belajar siswa dan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi perbandingan dengan menggunakan strategi pertanyaan bergilir. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun data yang diambil adalah data hasil tes akhir, data aktivitas siswa dan data hasil angket respon siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran matematika sebelum menggunakan strategi pretes-PB (pertanyaan bergilir) pada materi perbandingan motivasi siswa mencapai rata-rata sebesar 64% dan dikategorikan cukup. Sedangkan sesudah menggunakan strategi pretes-PB (pertanyaan bergilir) pada materi perbandingan motivasi siswa mencapai rata-rata sebesar 78% dan dikategorikan baik. Serta tingkat keaktifan siswa mencapai rata-rata sebesar 68.8% dan dikategorikan cukup.

Ketuntasan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pretes-PB (pertanyaan bergilir) pada materi perbandingan diperoleh ketuntasan belajar siswa secara individu dimana siswa yang berhasil tuntas belajar berjumlah 27 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar sebanyak 9 siswa dari jumlah siswa 36 orang, dan ketuntasan klasikal mencapai rata-rata 75%. Maka kelas VIIC SMP Negeri I Wagir Malang dapat dikatakan tuntas dalam pembelajaran matematika pada materi perbandingan.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa respon siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan strategi pretes-PB pada materi perbandingan.

Advertisements

About berbagiskripsi

Bank Skripsi menyediakan referensi jurnal, skripsi, dan tesis indonesia terlengkap yang bisa anda download secara gratis. Jurnal, skripsi, dan tesis yang ada terdiri dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan.
This entry was posted in Pendidikan Matematika. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s