Analisa Stabilitas Kendaraan Terhadap Kondisi Rolling Pada Saat Belok (Toyota Kijang LX 1.8)

ABSTRAK

Banyak faktor yang dipakai dalam desain kendaraan. Secara umum faktor tersebut dapat dibagi dua; faktor subyek dan obyek. Faktor subyek antara lain adalah model dan interior kendaraan. Sedang faktor obyek meliputi karakteristik dari kendaraan, karakteristik kendaraan dapat dinyatakan dalam melalui performansi, stabilitas , kenyamanan kendaraan, dan estetika dari kendaraan.

Karakteristik stabilitas kendaraan menyatakan perilaku arah kendaraan yang berkaitan dengan respon terhadap perintah pengemudi dan menstabilkan geraknya dari pengaruh gangguan eksternal.

Stabilitas kendaraaan pada saat belok yang didapatkan dari dinamika kendaraan yang menggambarkan perilaku gerak kendaraan, perilaku arah serta stabilitas arah kendaraan.

Gerakan belok adalah gerakan yang paling kritis dari suatu kendaraan. Pada saat bergerak belok ada dua hal yang kritis yang dapat mengganggu kestabilan kendaraan. Dua hal tersebut adalah jika sebagian atau semua roda kendaraan skid kesamping karena tidak mampu menahan gaya sentrifugal  kendaraan dan jika satu atau dua roda terangkat akibat momen guling yang terjadi dari gaya sentrifugal kendaraan.

Kestabilan kendaraan merupakan kontribusi dari variabel – variabel  desain yang meliputi posisi titik berat, berat kendaraan, lebar trek, dan pengaruh dari suspensi.

About berbagiskripsi

Bank Skripsi menyediakan referensi jurnal, skripsi, dan tesis indonesia terlengkap yang bisa anda download secara gratis. Jurnal, skripsi, dan tesis yang ada terdiri dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan.
This entry was posted in Teknik Mesin. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s