Penerapan Metode Latihan Terbimbing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas I SMP Negeri 1 Taliwang Sumbawa Barat Pada Pokok Bahasan Segitiga Tahun Pelajaran 2005/2006

ABSTRAK

Latar belakang dari penelitian ini adalah belum tuntasnya belajar siswa sebelum pokok bahasan segitiga pada siswa kelas 15 SMP Negeri I Taliwang. Berdasarkan teori belajar Matematika, untuk memecahkan masalah tersebut maka peneliti mencoba menerapkan metode latihan terbimbing dalam proses pembelajaran.

Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas metode latihan terbimbing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 15 SMP Negeri I Taliwang pada Pokok Bahasan Segitiga Tahun Pelajaran 2005/2006.

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Taliwang Sumbawa Barat pada siswa kelas 15 Tahun Pelajaran 2005/2006 yang terdiri dari 31 orang Siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari enam subpokok bahasan yang terbagi menjadi tiga siklus. Dari masing-masing siklus diperoleh data berupa hasil observasi dan hasil evaluasi yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data-data tersebut dikumpulkan dan dikelola dengan indikator yang digunakan, apabila ³ 85 % dari seluruh siswa telah memperoleh ³ 65, maka hipotesis diterima.

Dari hasil pengolahan data tersebut, diperoleh persentase ketuntasan belajar pada Siklus I sebesar 83,87 %, pada Siklus II sebesar 87,10 %, dan pada Siklus III sebesar 96,77 %. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan pada tiap-tiap siklus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 15 SMP Negeri I Taliwang Sumbawa Barat pada pokok bahasan segitiga Tahun Pelajaran 2005/2006.

Advertisements

About berbagiskripsi

Bank Skripsi menyediakan referensi jurnal, skripsi, dan tesis indonesia terlengkap yang bisa anda download secara gratis. Jurnal, skripsi, dan tesis yang ada terdiri dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan.
This entry was posted in Pendidikan Matematika. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s