Metode Pengajaran Bahasa Arab Bagi Lulusan SD (Studi Analisis Pada MTs. Al-Falah Pancor Dao)

ABSTRAK

Latar belakang dari penelitian ini MTs. Al-Falah Pancordao dalam pengajaran bidang studi Bahasa Arab memiliki problema yang disebabkan karena adanya siswa Lulusan SD yang menjadi siswa MTs. Al-Falah disatukan dalam satu kelas dengan lulusan Madrasah Tsanawiyah, padahal kemampuan siswa dalam menyerap pelajaran Bahasa Arab berbeda

Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode yang dipergunakan dalam pengajaran Bahasa Arab, hambatan-hambatan yang dihadapi dan Solusinya dalam pengajaran Bahasa Arab di MTs. Al-Falah Pancordao.

Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Al-Falah Pancordao terletak di Desa Aik Dareq Kecamatan Batukeliang Kabupaten Lombok Tengah. dan yang menjadi subyek penelitian ini adalah pengajaran Bahasa Arab di MTs. Al-Falah Pancordao.

Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif diskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga mendapatkan diskripsi yang jelas tentang setiap peristiwa, aktivitas kerja, konsep-konsep kerja maupun hal-hal lain yang berhubungan dengan pendekatan pengajaran bahasa Arab bagi Lulusan SD yang masuk MTs. Al-Falah Pancordao.

Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa metode yang dipergunakan dalam pengajaran bahasa Arab di MTs. Al-Falah Pancordao adalah metode qiro’ah, metode terjemah, metode menghafal, mengarang/insa’, dan metode imla’. Sedangkan hambatan dalam pengajaran bahasa Arab di MTs. Al-Falah Pancordao adalah kurangnya perbendaharaan kata, kurangnya peran aktif orang tua, serta minimalnya sarana dan prasarana penunjang.

Kata Kunci           Metode Pengajaran Bahasa Arab bagi Lulusan SD download skrpisi

About berbagiskripsi

Bank Skripsi menyediakan referensi jurnal, skripsi, dan tesis indonesia terlengkap yang bisa anda download secara gratis. Jurnal, skripsi, dan tesis yang ada terdiri dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan.
This entry was posted in Pendidikan Bahasa Arab. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s